Effect 4 Cube | AgusPH.com
Kreatif, Dinas Perikanan Gandeng Swasta Budidaya Lele
Post Oleh : Agus Septiawan - 14 July 2020
Telah diedit Oleh : Agus Septiawan
[258] Kali Dibaca
Dengan ketersediaan bibit ikan, menghasilan Pendapatan Asli Daerah (PAD), transfer ilmu kepada pengelola Balai Beih Ikan (BBI) Muba, dan pemanfaatan fasilitas yang telah dimiliki oleh Dinas Perikanan.


Sekayu, Musi Banyuasin - Upaya meningkatkan jumlah ketersediaan bibit ikan lele yang unggul. Untuk memenuhi kebutuhan pembudidaya ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Muba menggandeng pihak swasta.

 

Plt Kepala Dinas Perikanan Muba Hendra Tris Tomy, S.STP, M.Dev mengungkapkan, kerjasama dengan pihak swasta merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan bibit ikan bagi pembudidaya.

 

"Ya kita menggandeng swasta yaitu DHD Farm, dalam mengembangkan bibit lele . Tentunya untuk memenuhi kebutuhan para pembudidaya ikan yang ada di Muba," jelasnya Senin (13/7), usai penandatanganan kerjasama di Dinas Perikanan Muba.

 

Menurut Tomy, dari kerjasama tersebut Pemkab Muba diuntungkan, yaitu dengan ketersediaan bibit ikan, menghasilan Pendapatan Asli Daerah (PAD), transfer ilmu kepada pengelola Balai Beih Ikan (BBI) Muba, dan pemanfaatan fasilitas yang telah dimiliki oleh Dinas Perikanan.

 

"Kita diungtungkan yaitu, memperoleh PAD nantinya. Menerima 5 persen dari setiap produksi bibit ikan. Kemudian nantinya tenaga yang kita miliki mendapat transfer ilmu, insentif, dan yang terpenting bisa mengetahui manajemen swasta serta pemanfaatan fasilitas yang kita miliki," bebernya.

 

Dia mengungkapkan, kerjasama yang laksanakan dengan dilakukan penandatangan nota kesepahaman antara Dinas Perikanan Muba dengan pihak DHD Mitra Indotama. Diharapkan nantinya mampu memberikan peluang bagi pembudidaya baru, untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

 

"Kita berharap mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat, dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga nantinya. Selain itu, para pembudidaya ikan tidak kesulitan dalam mencari bibit ikan unggul," tutupnya.

 

Sementara itu Direktur DHD Mitra Indotama (DHD Farm) Rudi Salam, mengungkapkan bahwa kerjasama yang dilakukan dengan Dinas Perikanan Muba, adalah pertama di Sumsel, khususnya dalam pengelolaan benih ikan dengan memanfaatkan BBI Muba.

 

Kerjasama yang dengan Pemkab Muba, adalah pertama dan belum ada di Sumsel. Khususnya dalam pengembangan bibit ikan," terangnya.

 

Dijelaskannya, nantinya kemampuan menghasilkan bibit ikan sekitar 300 ribu sampai 500 ribu dalam satu siklus, atau 40 hari sampai dua bulan Sehingga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

 

"Kita berupaya tahap awal ini, bisa memproduksi bibit sekitar 500 ribu. Sehingga para pembudidaya tidak kesulitan dalam memperoleh bibit nantinya," bebernya.

 

Pihaknya berharap, dengan kerjasama yang dilaksanakan, bisa saling memberikan manfaat bagi Dinas Periksa Muba dan pembudidaya ikan. Karena selama ini, masih kesulitan dalam memperoleh bibit unggul.

 

"Kami berharap kerjasama ini, bisa berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat," pungkasnya.

 


Laporan : cr1

Sumber : https://www.mubaonline.com/berita/kreatif-dinas-perikanan-gandeng-swasta-budidaya-lele-muba241qg




Berkas Download
  • LKJP Dinas Perikanan 2018 - [257] Kali Dibuka
  • Perjanjian Kinerja 2019 - [214] Kali Dibuka
  • Indikator Kinerja 2019 - [200] Kali Dibuka
  • + Index
    Pengumuman
    Artikel Teratas
    Statistik Perikanan
    Link Tautan
    info_pengunjung
    Pengunjung Ke : 65661
    IP : 3.214.224.207
    Browser :
    OS :
    Visit : 26 Total: 24863
    Hit : 81 Total: 65661
    Online : 2 user
    DISPERIK MUBA Jl Kol. Wahid Udin No.25 Kayuara, Sekayu, Musi Banyuasin, 30711, Indonesia
    Phone/Fax:(0714)-321226 E-mail : disperik@mail.go.id
    Copyright © 2019 - 2021 DES || Delapan Enam Solution All Rights Reserved